Laman

Senin, 18 Oktober 2010

The Outliers

10.000 Jam atau 9 jam sehari selama 3 tahun atau 7 jam sehari selama 4 tahun. Itulah waktu yang harus kita tempuh agar kita menjadi manusia yang outliers. Menurut Malcolm Gladwell, Outliers ialah :

Something that is situated away from or classed differently from a main or related body, or

a statistical observation that is markedly different in value from the others of the sample

Jadi The Outlier bisa disebut sebagai orang yang memiliki prestasi luar biasa dan sukses. Menurut Gladwell untuk menjadi The Outlier, tidak cukup hanya dengan kecerdasan dan bakat. Menurut dia, seseorang yang berhasil mencetak prestasi gemilang berani melakukan hal-hal diluar kelaziman orang biasa. Gladwell menyodorkan hukum 10.00o jam. Intinya untuk menjadi orang yang betul-betul hebat (the outlier), perlu tempaan keras selama minimal 10.000 jam dalam jangka waktu yang pendek.

Kalau sehari ditempa 9 jam, waktu yang dibutuhkan sekitar 3 tahun nonstop. Sementara kalau sehari 7 jam, butuh sekitar 4 tahun nonstop. Beberapa contoh the outliers :

  • The Beatles harus bermain non stop 270 malam selama 1,5 tahun. Saat masih menjadi band suatu cafe, mereka harus bermain 8 jam sehari selama seminggu, dengan membawakan banyak lagu dari berbagai macam jenis musik.
  • Grand Master Indonesia Utut Adianto berlatih catur selama 6 – 9 jam sehari setiap akan bertanding. Tercatat di MURI karena pernah bertarung simultan melawan 9.112 peserta.
  • Pesulap Deddy Corbuzier menghabiskan waktu 8-9 jam sehari untuk belajar sulap, bahkan gara-gara sering belajar sulap pernah tidak naik kelas.
  • David Beckham merelakan masa remajanya dengan menambah porsi latihan mengumpan dan tendangan bebas.
Fokus, tekun, ulet untuk menggapai 10.000 jam. Jika berhasil, minimal memberikan manfaat & nilai lebih bagi diri kita sendiri. Saya sendiri belum membaca dan membuka buku ini, karena saya tidak memilikinya, dan ini sedang dalam proses mencari buku "outliers" tersebuty. Saya mengetahui info buku ini dari salah satu dosen saya, saya mendengarkan beliau sih kelihatan bagus nih buku, dan ternyata benar juga kalau buku ini memang bagus .

Share/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar