Laman

Sabtu, 06 November 2010

Self Skills : Part 14 Anda mau beri arti apa?

Anda mau beri arti apa?

Setiap kejadian, setiap peristiwa di dunia ini sebenarnya tidak memiliki arti apa-apa, netral adanya. Tidak suatu hal apapun dalam kehidupan ini yang mempunyai arti, yang mempunyai makna, kecuali arti dan makna yang kita berikan kepada peristwa itu kepada kejadian itu.

Salah satu kemampuan menakjubkan yang kita miliki sebagai manusia adalah kemampuna kita untuk member arti,, makna kepada suatu benda atau kepada suatu peristiwa, kejadian.

Arti dan makna yang bisa membangkitkan dan mengobarkan semangat berapi-api ataupun arti dan makna yang bisa meremukkan relung-relung hati sehingga menderita kepedihan yang luar biasa.

Ada orang yang memberikan arti dan makna atas pengalaman kegagalan cintanya di masa lalu adalah kepedihan dan penghinaan atas dirinya lalu memutuskan dan mengatakan: ‘Karenanya, aku tidak akan pernah jatuh cinta lagi! Aku akan hidup sendiri!’

Tetapi sebaliknya, ada juga yang memberikan arti dan makna sebagai tantangan atas peristiwa pemutusan hubungan kerja yang dialaminya sehingga mampu mengatakan :’ Karena aku telah kehilangan pekerjaan, aku akan berusaha untuk menciptakan lapangan kerja sendiri, syukur-syukur bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain’.

Anda itu mampu dan bisa memutuskan untuk memilih memberikan arti dan makna maupun terhadap setiap kejadian di dunia ini. Apakah memberikan arti dan makna yang negative, atau memberikan arti dan makna yang positif, yang memberdayakan.

Anda mau beri arti apa, pengalaman-pengalaman masa lalu Anda?


Share/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar