Laman

Sabtu, 06 November 2010

Self Skills : Part 19 Bertahan Hidup : Kebutuhan Anda..


Bertahan Hidup : Kebutuhan Anda..

Seringkali bahwa pikiran bahwa sadar kita itu hanya menjalankan sebuah program yang dinyakininya untuk melindungi hidup kita. Padahal, semestinya program tersebut sudah harus kita lepaskan, sudah harus kita perbaharui agar hidup kita menjadi lebih baik secara emosional maupun secara fisik.

Bayangkanlah seorang anak misalnya, yang menderita secara emosional karena merasa dilalaikan atau merasa tidak dicintai oleh orangtuanya ( bagi otak kita, cinta adalah syaraf kelangsungan hidup ).

Lalu oleh karena ‘penyakit emosional’ ini, anak menjadi tidak sehat secara fisik ( semua emosi negative akhirnya mewujud secara fisik )

Oleh karena si anak secara fisik sakit, lalu orang tua memberikan perhatian, kasih sayang dan cinta kepada si anak, yang memang sedang diinginkan dan dibutuhkan oleh si anak secara emosional.

Dialog di dalam diri anak mungkin menjadi seperti ini ,’ Asyik juga kalau aku sakit, jadinya aku diperhatikan, dicintai dan aman rasanya,’ yang kemudian diterjemahkan oleh pikiran bawah sadar sebagai : ‘ sakit berarti bertahan hidup ‘.

Dan pola ini bisa berlanjut ke masa dewasa, padahal setelahh kita dewasa, program ini sudah tidak relevan lagi untuk ‘melindungi kita’.

Program pikiran bawah sadar harus kita perbarui ! Setiap bangun tidur pagi katakana pada diri sendiri : ‘ kebutuhan bertahan hidup orang dewasa, tidak sama dengan kebutuhan bertahan hidup seorang anak’.


Share/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar